Rabu, 29 Oktober 2014

bidang-bidang yang memicu perkembangan Teknologi Informasi


    Bidang yang paling dominan memicu perkembangan teknologi informasi adalah :
a.      Bidang Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan salah satu kegiatan informasi. Pendidikan memberikan informasi pengetahuan dan teknologi yang dpaat disebarluaskan kepada peserta didiknya. Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran di dalam proses pembelajaran yaitu:
·         Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
·         Pergeseran dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
·         Pergeseran dari kertas ke “on line” atau saluran,
·         Pergeseran fasilitasfisik ke fasilitas jaringan kerja,
·         Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Interaksi  antara pendidik  dan peserta didik tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Dengan perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dengan pendidikannya, melihat nilai peserta didik secara online, melihat jadwal kuliah, sampai mengirim berkas tugas, dan sebagainya.
Dengan suatu pendidikan jarak jauh berbasis web  dapat dikembangkan antara lain :
·         Pusat  kegiatan  peserta  didik  ;  sebagai  suatu  community  web  based  distance  learning  dapat  menjadikan  sarana  ini  sebagai  tempat  kegiatan  peserta  didik dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan  sebagainya.
·         Interaksi dalam grup; para peserta didik dapat berinteraksi satu sama lain untuk  mendiskusikan  materi-materi yang diberikan  pendidik. Pendidik    dapat hadir  dalam  group  ini  untuk  memberikan  sedikit  ulasan  tentang  materi  yang  diberikannya.
·         Sistem administrasi peserta didik ; para peserta didik dapat  melihat informasi  mengenai status, prestasi dan sebagainya.
·         Pendalaman  materi  dan  ujian;  pendidik  dapat  mengadakan  kuis  singkat  dan  tugas  untuk  pendalaman  dari  apa  yang  telah  diajarkan  serta  melakukan  test  pada akhir masa belajar.
·         Perpustakaan  digital;    berbagai  informasi,    kepustakaan  tidak  terbatas  pada  buku tapi  juga pada kepustakaan  digital seperti  suara, gambar dan  sebagainya  yang ditunjang dengan database.
·         Materi  online  diluar  materi  kuliah;  untuk  menunjang  perkuliahan,    tentu  diperlukan  juga  bahan  bacaan  dari  web  lainnya.  Pendidik    dan  peserta  didik  dapat  langsung  terlibat  memberikan  bahan  lainnya  untuk  di  publikasikan  kepada peserta didik lainnya melalui web.
·         Di Negara maju, pendidikan jarak jauh telah menjadi alternative pendidikan yang cukup berhasil. Karena peserta didik yang mengikuti pendidikan jarak jauh diikuti oleh berbagai kalangan seperti, karyawan, eksekutif, ibu rumah tangga, sampai orang lanjut usia.
b.      Bidang Pemerintahan
Dalam bidang pemerintahan penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan baru seperti (G2C (Goverment to Citizien), G2B (Government to Buisness), dan G2G (Government to Goverment). Penggunaan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan biasa disebut e-government. Manfaat e-government antara lain :
·         Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari tanpa harus mendatangi kantor atau tempat belajar.
·         Peningkatan  hubungan  antara  pemerintah,  pelaku  bisnis,  dan  masyarakat  umum,  adanya  keterbukaan  (transparansi)  maka  diharapkan  hubungan  antara  berbagai  pihak  menjadi  lebih  baik,  keterbukaan  ini  menghilangkan  saling  curiga dan kekesalan dari semua pihak.
·         Pemberdayaan  masyarakat  melalui  informasi  yang  mudah  diperoleh.  Dengan  adanya  informasi  yang  mencukupi,  masyarakat  akan  belajar  untuk  dapat  menentukan  pilihannya.  Sebagai  contoh,  data-data  tentang  sekolah:  jumlah  kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan  secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas  untuk anaknya.
·         Pelaksanaan  pemerintahan  yang  lebih efisien.  Koordinasi  pemerintahan  dapat  dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Untuk  Indonesia yang  luas areanya sangat besar, hal ini sangat  membantu. Tanya jawab, koordinasi,  diskusi  antara  pimpinan  daerah  dapat  dilakukan  tanpa  kesemuanya  harus  berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta  untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
Tuntutan  masyarakat  akan  pemerintahan  yang  baik  sudah  sangat  mendesak  untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah  keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on-line antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan  informasi  terutama  yang  berhubungan  dengan  pelayanan  publik.
c.       Bidang Ekonomi / Perbankan
Di bidang ekonomi / perbankan juga sekarang sudah menggunkaan teknologi informasi dalam pelayanannya untuk meningkatkan pelayanan agar lebih baik. Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang  tidak  lagi  menggunakan  uang  tunai  dalam  transaksi  pembayarannya,  tetapi  telah  memanfaatkan  layanan  perbankan  modern.
Untuk menunjang keberhasilan  operasional  sebuah  lembaga  keuangan/perbankan  seperti  bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan  mudah  oleh  nasabahnya,  yang  pada  akhirnya  akan  bergantung  pada  teknologi  informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia  berada selama masih ada layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut,  atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening  yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar