Jumat, 19 September 2014

Membaca


A.    Pengertian
1. Membaca menurut Tarigan (1990)
            “kegiatan berinteraksi dengan bahasa yang dikodekan dalam bentuk cetakan (huruf-huruf).”
2. Membaca menurut Klein, dkk yang dikutip Rahim (2005)
            “definisi membaca mencakup (1) membaca merupakan suatu proses (2) membaca adalah strategis, dan (3) membaca merupakan kegiatan interaktif.”

B.     Tujuan
1.      Secara Umum Menurut Akhadiah (1993)
·         Mendapatkan informasi
·         Meningkatkan citra diri
·         Melepaskan diri dari kenyataan
·         Membaca untuk tujuan rekreatif
·         Mencari nilai-nilai keindahan atau pengalaman estetis.
2.      Menurut Anderson (Tarigan 1987: 9-10)
·         Reading for details or facts
·         Reading for main ideas
·         Reading for sequence or organization
·         Rading for inference
·         Reading for classify
·         Reading for evaluate
·         Reading to compare or contrast

C.     Jenis-Jenis
a.       Membaca pemahaman
b.      Membaca memindai
c.       Membaca layap
d.      Membaca intensif
e.       Membaca nyaring
f.       Membaca dalam hati

D.    Prinsip-Prinsip membaca pemahaman
Menurut Mc Laughlin & Allen, 2002 (dalam Rahim, 2005), prinsip-prinsip membaca antara lain sebagai berikut:
1.      Pemahaman merupakan proses konstruktivitis sosial
2.      Keseimbangan kemahiran adalah kerangka kerja kurikulum yang membantu perkembangan pemahaman
3.      Guru membaca yang profesional (unggul) mempengaruhi belajar siswa
4.      Membaca hendaknya terjadi dalam konteks yang bermakna
5.      Pembaca yang baik memegang peranan yang strategis dan berperan aktif dalam proses membaca
6.      Siswa menemukan manfaat membaca yang berasal dari berbagai teks pada berbagai tingkatan kelas
7.      Perkembangan kosakata dan pembelajaran mempengaruhi pemahaman membaca
8.      Pengikutsertaan adalah suatu faktor kunci pada proses pemahaman
9.      Strategi dan keterampilan membaca bisa diajarkan
10.  Asesmen yang dinamis menginformasikan pembelajaran membaca pemahaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar