Jumat, 19 September 2014

Menulis


A.    Pengertian Menulis       
Menurut Departemen Pendidikan  dan Kebudayaan (1986:968), menulis adalah membuat huruf   (angka, dsb) dengan pena, melahirkan pikiran dan perasaan (seperti mengarang, membuat surat)  dengan tulisan; mengarang di majalah, mengarang roman(cerita, membuat surat).


Menurut Tarigan (1986:21), menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan bahasa yang difahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa gambar itu.


Menurut Suriamiharja (1997:2) menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dengan tulisan. Dapat juga diartikan bahwa menulis adalah berkomunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kehendak kepada orang lain secara tertulis
Menurut Robert Lado, mengatakan bahwa: “to write is to put down the graphic symbol that represent a language one understands, so that other can read these graphic representation” (dalam Suriamiharja:1997:1). Menulis adalah menempatkan simbol-simbol grafis yang menggambarkan sesuatu bahasa yang dimengerti oleh seseorang. Kemudian dapat dibaca oleh orang lain yang memahami bahasa tersebut beserta simbol-simbol grafisnya.
B.     Fungsi Menulis
1.      Fungsi Penataan
Ketika mengarang terjadi penataan terhadap gagasan, pikiran pendapat, imajinasi, dan yang lainnya, serta terhadap penggunaan bahasa untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, pikiran dan yang lainnya mempunyai wujud yang tersusun.
2.      Fungsi Pengawetan
Mengarang mempunyai fungsi untuk mengawetkan, pengutaraan sesuatu dalam wujud dokumen tertulis. Dokumen sangat berharga, misalnya untuk mengungkapkan kehidupan pada zaman dahulu.
3.      Fungsi Penciptaan
Dengan mengarang kita mencipkan sesuatu yang mewujudkan sesuatu yang baru. Karangan sastra menunjukkan fungsi demikian. Begitu pula karangan filsafat dan keilmuan ada yang menunjukkan fungsi penciptaan.
4.      Fungsi penyampaian
Penyampaian itu terjadi bukan saja kepada orang yang berdekatan tempatnya melainkan juga kepada orang yang berjauhan. Malah penyampaian itu terjadi pada masa yang berlainan (Rusyana, 1986: 16)
C.     Peranan Menulis
Peranan menulis yaitu sebagai berikut :
a.       Alat mencurahkan ide, gagasan, perasaan dan lain sebagainya
b.      Sumber inspirasi
c.       Membuat buku
d.      Menyelesaikan tugas/masalag dan lain-lain.
D.    Kegunaan Menulis
a.       Penulis dapat mengenali potensi dirinya
b.      Penulis dapat terlatih dalam mengembangkan berbagai gagasan
c.       Penulis dapat lebih bnyak menyerap, mencari serta menguasai informasi sehubungan dengan topik yang di tulis
d.      Penulls dapat terlatih dalam mengorganisasikan gagasan secara sistematis serta mengungkapkannya secara tersurat
e.       Penulis dapat meninjau serta menilai gagasannya sendiri secara objektif.
f.       Penulis akan lebih mudah memecahkan permasalahannya, yaitu dengan menganalisisnya secara tersurat dalam konteks yang lebih kongkrit
g.      Penulis terdorong untuk terus belajar secara aktif
h.      Penulis terbiasa berpikir serta berbahasa secara tertib dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar