A. Pengertian
1. Membaca
menurut Tarigan (1990)
“kegiatan berinteraksi dengan bahasa
yang dikodekan dalam bentuk cetakan (huruf-huruf).”
2. Membaca
menurut Klein, dkk yang dikutip Rahim (2005)
“definisi membaca mencakup (1)
membaca merupakan suatu proses (2) membaca adalah strategis, dan (3) membaca
merupakan kegiatan interaktif.”
B. Tujuan
1.
Secara Umum Menurut Akhadiah (1993)
·
Mendapatkan informasi
·
Meningkatkan citra diri
·
Melepaskan diri dari kenyataan
·
Membaca untuk tujuan rekreatif
·
Mencari nilai-nilai keindahan atau pengalaman estetis.
2.
Menurut Anderson (Tarigan 1987: 9-10)
·
Reading for details or facts
·
Reading for main ideas
·
Reading for sequence or organization
·
Rading for inference
·
Reading for classify
·
Reading for evaluate
·
Reading to compare or contrast
C. Jenis-Jenis
a.
Membaca
pemahaman
b.
Membaca memindai
c.
Membaca layap
d.
Membaca intensif
e.
Membaca nyaring
f.
Membaca dalam
hati
D. Prinsip-Prinsip membaca pemahaman
Menurut Mc Laughlin & Allen, 2002 (dalam Rahim,
2005), prinsip-prinsip membaca antara lain sebagai berikut:
1.
Pemahaman merupakan proses
konstruktivitis sosial
2.
Keseimbangan kemahiran
adalah kerangka kerja kurikulum yang membantu perkembangan pemahaman
3.
Guru membaca yang
profesional (unggul) mempengaruhi belajar siswa
4.
Membaca hendaknya terjadi
dalam konteks yang bermakna
5.
Pembaca yang baik memegang
peranan yang strategis dan berperan aktif dalam proses membaca
6.
Siswa menemukan manfaat
membaca yang berasal dari berbagai teks pada berbagai tingkatan kelas
7.
Perkembangan kosakata dan
pembelajaran mempengaruhi pemahaman membaca
8.
Pengikutsertaan adalah suatu
faktor kunci pada proses pemahaman
9.
Strategi dan keterampilan
membaca bisa diajarkan
10. Asesmen yang dinamis menginformasikan pembelajaran membaca pemahaman.